Program “Sehari Bersama Ibu” di TK Assalaam Bandung

Tina Lesmanawati, S.Pd.

11/12/2023-14/12/2023. 130 siswa TK Assalaam, menerima guru tamu spesial, 27 bunda dari setiap kelas mulai dari kelas playgroup, TK A dan TK B selama 4 hari bergiliran telah melaksanakan program sehari bersama ibu, dalam rangka menyambut hari ibu, yang jatuh pada jumat, 22 Desember 2023.

TK Assalaam Bandung, Islamic Character Building menggagas program inovatif kerjasama orang tua dengan kepala sekolah melalui Komite Sekolah/Assalaam Parents Committee (APC) dengan mengundang ibu dari murid-murid sebagai guru tamu. Tujuan dari kegiatan ini tidak hanya terbatas pada transfer pengetahuan, tetapi juga untuk membuka peluang anak-anak belajar dari pengalaman hidup sehari-hari orang tua mereka. Dengan kehadiran guru tamu dari kalangan orang tua, TK Assalaam berharap dapat menginspirasi dan merangsang kreativitas anak-anak melalui pengajaran yang lebih personal dan dekat dengan realitas sekitar.

Keberadaan guru tamu yang merupakan ibu dari murid-murid di TK Assalaam membawa manfaat besar dalam memperkuat hubungan antara sekolah dan orang tua. Kedekatan ini menciptakan lingkungan pendidikan yang inklusif dan mendukung, dimana orang tua tidak hanya melibatkan diri dalam perkembangan anak-anaknya di rumah, tetapi juga secara aktif terlibat dalam kehidupan sekolah. Hal ini tidak hanya meningkatkan pemahaman orang tua terhadap pendekatan pendidikan di TK Assalaam, tetapi juga memberikan dukungan yang sangat dibutuhkan untuk pertumbuhan dan perkembangan optimal anak-anak. pada kegiatannya bunda diajak untuk melakukan ice breaking, storytelling, pengenalan pilar karakter, sentra agama, fun cookery hingga seni kreasi. 

Dalam rangka Hari Ibu, mari sampaikan penghargaan setinggi-tingginya kepada semua ibu, termasuk mereka yang telah menjadi guru tamu di TK Assalaam. Keberadaan dan dedikasi mereka dalam mendukung pendidikan anak-anak di sekolah mencerminkan semangat dan komitmen luar biasa sebagai ibu dan pendidik. “Al-ummu madrasatul ula, iza a’dadtaha a’dadta sya’ban thayyibal a’raq.” Ibu adalah sekolah utama, bila engkau mempersiapkannya, maka engkau telah mempersiapkan generasi terbaik. Demikian bunyi hadits. Dalam konteks inilah Rasulullah SAW menyerukan kepada keluarga khususnya para Ibu untuk menjadi sekolah bagi anak-anaknya. Semoga Hari Ibu menjadi kesempatan untuk menghargai peran tak tergantikan mereka dalam membentuk karakter dan masa depan anak-anak. Selamat Hari Ibu untuk semua ibu di TK Assalaam, yang telah menjadi inspirasi dan teladan bagi kita semua.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *