Keceriaan dan Kebahagiaan Menyambut Ramadhan di TK Assalaam Bandung Islamic Character Building

Tina Lesmanawati, S.Pd.

شَهْرُ رَمَضَانَ الَّذِيْٓ اُنْزِلَ فِيْهِ الْقُرْاٰنُ هُدًى لِّلنَّاسِ وَبَيِّنٰتٍ مِّنَ الْهُدٰى وَالْفُرْقَانِۚ فَمَنْ شَهِدَ مِنْكُمُ الشَّهْرَ فَلْيَصُمْهُۗ وَمَنْ كَانَ مَرِيْضًا اَوْ عَلٰى سَفَرٍ فَعِدَّةٌ مِّنْ اَيَّامٍ اُخَرَۗ يُرِيْدُ اللّٰهُ بِكُمُ الْيُسْرَ وَلَا يُرِيْدُ بِكُمُ الْعُسْرَۖ وَلِتُكْمِلُوا الْعِدَّةَ وَلِتُكَبِّرُوا اللّٰهَ عَلٰى مَا هَدٰىكُمْ وَلَعَلَّكُمْ تَشْكُرُوْنَ ۝١

Ayat Al-Qur’an dalam Surat Al-Baqarah (2:185) menyatakan: “Bulan Ramadhan yang didalamnya diturunkan Al Quran menjadi petunjuk bagi manusia dan menjelaskan petunjuk itu dan memisahkan antara yang hak dan yang bathil. Oleh karena itu, barangsiapa di antara kamu hadir (di negeri tempat tinggalnya) di bulan itu, maka hendaklah ia berpuasa pada bulan itu,” ayat yang menunjukkan pentingnya bulan Ramadhan sebagai waktu yang istimewa untuk mendapatkan petunjuk dan keberkahan. Ramadhan, bulan penuh berkah bagi umat Islam, waktu yang dinantikan dengan penuh kegembiraan dan harapan. Kebahagiaan menyambut Ramadhan bukan hanya sekadar menantikan berbagai hidangan lezat atau suasana yang berbeda, tetapi juga merayakan kedatangan bulan suci ini sebagai kesempatan untuk mendekatkan diri pada Allah SWT. 

Ramadhan adalah waktu untuk menyucikan jiwa dan meningkatkan kesadaran spiritual. Sebagaimana diriwayatkan dalam hadits yang shahih, Rasulullah SAW bersabda, “Barangsiapa menyambut Ramadhan dengan kegembiraan, maka Allah akan memuliakan wajahnya di akhir Ramadhan.” (Ibnu Majah). Kebahagiaan menyambut Ramadhan bukanlah semata-mata tentang menikmati hidangan lezat saat berbuka, tetapi lebih kepada kesadaran akan nilai-nilai spiritual dan keberkahan yang terkandung di dalamnya. Sehingga, setiap momen yang dilewati dengan keikhlasan dan kesyukuran akan menjadi sarana mendapatkan keridhaan Allah SWT.

Seperti ananda di TK Assalaam Bandung yang telah melaksanakan kegiatan Tarhib Ramadhan, pada Jumat, 8 Maret 2024. Dengan rute Jl. Pasundan, Jl. Balong Gede dan kembali ke Jl. Sasak Gantung. Setelahnya ananda melakukan kegiatan munggahan (makan bersama), dilanjutkan dengan movie learning mengenai puasa dan diakhiri dengan mushofahah saling memaafkan sebelum berpuasa. Pada, Sabtu, 2 April 2024, beberap perwakilan dari TK Assalaam Bandung Islamic Character Building melaksanakan tampilan berupa shalawat, syiar dan syair juga puisi menyambut ramadhan pada kegiatan lomba mewarnai bersama SD Assalaam Bandung, di Yogya Sumber Sari Junction, Jl. Sumber Sari No.34, Babakan, Kec. Babakan Ciparay, Kota Bandung, Jawa Barat 40222.

Dalam menyambut Ramadhan dengan kebahagiaan, mari kita persiapkan diri secara fisik, mental, dan spiritual untuk menyambut bulan penuh keberkahan ini dengan penuh rasa syukur dan kesadaran akan tugas yang harus dilaksanakan. Marilah kita renungkan ayat-ayat Al-Qur’an dan hadis-hadis Rasulullah SAW yang mengajarkan tentang keutamaan dan keberkahan bulan Ramadhan, serta bersemangat untuk mengisi waktu dengan amal ibadah yang bermanfaat bagi diri sendiri dan sesama. Semoga Ramadhan kali ini membawa kebahagiaan, ketenangan, dan keberkahan bagi kita semua. Aamiin.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *