Dalam sistem pendidikan nasional, madrasah memiliki peran strategis dalam membentuk karakter peserta didik dengan mengintegrasikan nilai-nilai agama dan pendidikan umum. Salah satu elemen penting dalam evaluasi keberhasilan pendidikan di madrasah adalah pelaksanaan asesmen madrasah. Asesmen ini bertujuan untuk mengukur capaian belajar siswa serta menjadi bahan evaluasi bagi pengembangan kualitas pendidikan di lembaga tersebut. Asesmen madrasah merupakan proses penilaian yang dilakukan untuk mengukur tingkat pencapaian kompetensi peserta didik di madrasah, baik dalam aspek kognitif, afektif, maupun psikomotorik. Asesmen ini mencakup berbagai bentuk, mulai dari penilaian harian, penilaian tengah semester, penilaian akhir semester, hingga ujian madrasah.
Alhamdulillah, siswa/siswi pendidikan madrasah tsanawiyah PPTQ Assalam telah melaksanakan penilaian akhir semester ganjil yang dilaksanakan senin – sabtu pada tanggal 02 – 07 Desember 2024 yang mana semua siswa mengikuti ujian dengan tertib dan damai. Penilaian akhir semester ini dilaksanakan secara offline yang bertempat diruangan kelas masing-masing. Setiap siswa mengerjakan soal pada lembar kertas jawaban yang telah diberikan oleh para pengawas ujian sebelum ujian itu dimulai.
Mengacu pada standar oprasional prosedur penyelenggaraan Penilaian Akhir Semester menyediakan soal dalam berbagai bentuk, seperti: pilihan ganda, pilihan ganda kompleks dan isian singkat. Dalam sehari, siswa harus menyelesaikan 2 mata pelajaran dengan alokasi waktu 90 menit per mata pelajaran. Siswa tidak mengelami kendala apapun, sehingga bisa mengerjakan semua soal dengan baik.