Pembukaan Munaqosah Tahfidz MTs PPTQ Assalaam

Munaqosah Tahfidz Al-Quran merupakan ujian tahfiz yang dilakukan oleh siswa siswi setiap tahunnya. Tujuan diadakan kegiatan ini adalah menjadikan generasi emas qur’ani dan memberi bekal untuk terjun ke masyarakat terutama dalam hal ubudiyah.

Pembukaan Munaqosah Tahfidz Al-Quran yang dilaksanakan pada hari senin tanggal 13 Mei 2024 di Masjid MTs PPTQ Assalaam Bandung. Pelaksanaan kegiatan tersebut diikuti oleh sebanyak 78 siswa kelas IX.  Acara ini dihadiri dari kemenag yang diwakilkan oleh Dr. Ayi Zaenal Muttaqien sebagai Kasi Penmad Kemenag Kota Bandung

Dalam acara ini, Kepala Madrasah memberikan pesan kepada seluruh siswa bahwa menjadi penghafal, membaca, dan mengajarkan serta mengamalkan Qur’an menjadi umat terbaik dan nantinya surga yang akan dijanjikan.

Selanjutkan dari Kasi penmad Kota Bandung Dr. Ayi Zaenal Muttaqien  menyampaikan juga bahwa dengan mempelajari Al-Qur’an, siswa yang sudah lulus akan tetap terikat dengan al-quran dimanapun dan kapanpun serta para penghafal al-quran sangat kami pelihara untuk kami jadikan sesuatu karena para penghafal quran adalah aset berharga.

Santriwan dan Santriwati akan dikelompokkan dan setiap kelompoknya akan diuji oleh satu penguji. Penguji terdiri dari Ustadz dan Ustadzah. Hal-hal yang akan diujikan berupa sambung ayat sesuai dengan maqra yang didapatkan, mengetes kembali semua hafalan anak berdasarkan jumlah juz yang sudah dihafal dan disetorkan sebelumnya, hingga  pertanyaan khusus tentang tajwid.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *