KAMBING MASUK KE SEKOLAH, GURU DAN PENJAGA SEKOLAH SIAP-SIAP AMANKAN MURID-MURID

Tina Lesmanawati,S.Pd.

لِّيَشْهَدُوْا مَنَافِعَ لَهُمْ وَيَذْكُرُوا اسْمَ اللّٰهِ فِيْٓ اَيَّامٍ مَّعْلُوْمٰتٍ عَلٰى مَا رَزَقَهُمْ مِّنْۢ بَهِيْمَةِ الْاَنْعَامِۚ فَكُلُوْا مِنْهَا وَاَطْعِمُوا الْبَاۤىِٕسَ الْفَقِيْرَ ۖ – ٢٨

Artinya: “Agar mereka menyaksikan berbagai manfaat untuk mereka dan agar mereka menyebut nama Allah pada beberapa hari yang telah ditentukan atas rezeki yang diberikan Dia kepada mereka berupa hewan ternak. Maka makanlah sebagian darinya dan (sebagian lagi) berikanlah untuk dimakan orang-orang yang sengsara dan fakir.” (Surah Al Hajj ayat 28)

Jumat, 16/06/2023, telah terlaksana kegiatan Guess Teacher “Mengenal Hewan Qurban”, yang berlangsung di Aula TK Assalaam pada pukul 08.30-09.00 WIB. Rata-rata anak merasa senang bisa melihat salah satu hewan kurban secara langsung, sejumlah kecil anak ketakutan, namun guru dan penjaga sekolah sudah bersiap dengan perlengkapan untuk mengamankan hewan kurban tersebut.

Dalam pendidikan anak usia dini, ada salah satu aktivitas permainan yang disebut dengan Guess teacher atau “tebak guru”, anak-anak diajak untuk menebak atau mengenali peran seorang guru atau pendidik dalam berbagai situasi atau peristiwa. Tujuan dari kegiatan  ini adalah untuk membantu anak-anak mengembangkan pemahaman tentang peran dan tugas seorang guru yang diundang contohnya adalah penjual hewan qurban. Kegiatan ini dapat meningkatkan kemampuan pengamatan, pemecahan masalah, dan keterampilan sosial anak. Anak-anak dapat mengamati perilaku, atribut, atau perlengkapan yang biasanya dikaitkan dengan seorang penjual hewan qurban, lalu menebak siapa yang memegang peran tersebut.

Kegiatan ini juga dapat menjadi pengalaman yang menyenangkan dan interaktif bagi anak-anak, membangun rasa kegembiraan dan minat mereka terhadap pembelajaran. Anak mengenal perbedaan hewan qurban, mengenal ciri hewan qurban yang sehat dan bagaimana pemeliharaannya.

Sahabat Assalaam, bagi yang berminat untuk berqurban bersama yayasan Assalaam Bandung, dapat menghhubungi Bapak H. Lukman (081572318222), Bapak H. Jamaludin (082117311915), Bapak H. Abdul Hasib (081313016019), Bapak H. Shihab (085720465786) dan Bapak H. ending W (081320904063) atau dapat langsung transfer pada rekening BCA An yayasan Assalaam (2804000070).

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *