Pentingnya Implementasi Pembelajaran Berdiferensiasi di Taman Kanak-Kanak

Tina Lesmanawati, S.Pd.

Selama satu pekan pertama kegiatan MPLS atau masa pengenalan lingkungan sekolah TK Assalaam pada senin, 15 juli 2024 hingga jumat, 19 Juli 2024, telah terlaksana pula kegiatan In house training (IHT) mengenai pembelajaran berdiferensiasi yang diikuti oleh ibu guru TK Assalaam Bandung. Kegiatan pengembangan keterampilan mengajar guru TK Assalaam ini rutin dilaksanakan pada setiap semester dengan tujuan untuk meningkatkan kualitas pembelajaran di setiap tahun ajaran baru. 

Selain tujuan umum di atas, IHT di TK Assalaam Bandung Islamic Character Building memiliki beberapa tujuan khusus, diantaranya adalah terdapat diferensiasi konten, yaitu penyesuaian materi pelajaran berdasarkan tingkat kemampuan dan minat anak. Contohnya dengan menyediakan buku cerita dengan tingkat kesulitan yang berbeda sesuai kemampuan membaca anak. Kedua, adalah diferensiasi proses, dimana guru diajak untuk menggunakan berbagai metode pengajaran untuk memenuhi gaya belajar yang berbeda. Contohnya dengan menggunakan kegiatan kinestetik, visual, dan auditori dalam satu pelajaran. Ketiga, diferensiasi produk yaitu dengan memberikan pilihan cara anak menunjukkan pemahaman mereka. Contohnya Membiarkan anak memilih antara membuat gambar, bercerita, atau bermain peran untuk menunjukkan pemahaman cerita. Terakhir adalah diferensiasi lingkungan, guru diajak untuk menyesuaikan lingkungan belajar untuk memenuhi kebutuhan anak. Contohnya dengan membuat sudut tenang untuk anak yang mudah teralihkan perhatiannya.

Langkah-langkah pembelajaran berdiferensiasi yang harus diperhatikan oleh guru dan sekolah adalah proses menilai kebutuhan siswa, berupa penilaian awal untuk memahami kemampuan, minat, dan gaya belajar anak. Kedua adalah perencanaan pembelajaran melalui rancangan kegiatan yang sesuai dengan kebutuhan yang telah diidentifikasi. Ketiga adalah pelaksanaan pembelajaran, yaitu implementasi rencana pembelajaran dengan berbagai metode dan pendekatan yang disesuaikan. Terakhir adalah penilaian dan refleksi, kegiatan ini dilakukan untuk melakukan penilaian selama dan setelah kegiatan untuk melihat efektivitas pembelajaran, juga sebagai refleksi dan penyesuaian berdasarkan hasil penilaian.

         Dengan penerapan pembelajaran berdiferensiasi melalui in-house training, diharapkan anak-anak usia dini dapat berkembang secara optimal dalam lingkungan yang mendukung dan menghargai perbedaan individual mereka.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *