Menjalin Kemitraan dengan Orang Tua Siswa untuk Mengoptimalkan Tumbuh Kembang Anak Usia Dini

Tina Lesmanawati, S.Pd.

Sabtu, 27 Juli 2024, TK Assalaam telah melaksanakan Parents Teacher Counseling (PTC) berupa konseling orang tua bersama ibu guru melalui aplikasi berbagi pesan online, pada kegiatannya ayah bunda diajak ibu guru untuk berdiskusi mengenai semangat ananda bersekolah di TK Assalaam Bandung. 

Program kemitraan antara pendidik dan orang tua pada pendidikan anak usia dini adalah kolaborasi yang aktif dan terstruktur untuk mendukung perkembangan dan pembelajaran anak. Kemitraan ini melibatkan komunikasi yang terbuka, partisipasi aktif, dan berbagi tanggung jawab dalam mendidik anak. Tujuan dari kegiatan PTC adalah untuk sinergitas perkembangan anak yaitu dengan bekerja sama antara pendidik dan orang tua diharapkan dapat menciptakan lingkungan yang konsisten dan mendukung, baik di sekolah maupun di rumah, untuk memaksimalkan perkembangan fisik, emosional, sosial, dan kognitif anak. Kemudian, terciptanya keterlibatan orangtua dalam pengasuhan, artinya keterlibatan orang tua dalam proses pendidikan anak dapat meningkatkan pemahaman mereka tentang kebutuhan dan perkembangan anak, serta memperkuat hubungan antara sekolah dan keluarga. Selain itu, program kemitraan dengan orangtua diharapkan menjadi forum saling berbagi informasi dan strategi, pendidik dan orang tua dapat mengembangkan pendekatan yang lebih efektif dalam mendidik anak. Terakhir adalah dukungan keberhasilan belajar anak, sinergi kemitraan yang baik dapat membantu anak mencapai hasil belajar yang lebih baik melalui dukungan yang berkelanjutan dan berfokus pada kebutuhan individu anak.

TK Assalaam melalui Program Sekolah Orangtua (PSO) menghadirkan program untuk orangtua dalam pengasuhan anak PSO dibagi menjadi tiga aspek yaitu aspek pendidikan, sosial dan keagamaan. Yang pertama yaitu aspek pendidikan yaitu parents meeting yang dilaksanakan 2 kali dalam satu tahun, parents teacher interview (PTI) yang dilakukan di awal tahun ajaran sebagai langkah orangtua dan sekolah menyamakan pengasuhan ananda, parents teacher counseling (PTC) yaitu chat pribadi dengan orangtua yang dilakukan per bulan sebagai forum diskusi orangtua dan guru mengenai perkembangan ananda, parents counseling yaitu konsultasi bersama psikolog sekolah terjadwal dan sesuai kebutuhan ayah bunda dan ananda, selanjutnya parenting baik berupa offline dan online mengenai tema yang disesuaikan dengan kebutuhan orang tua, home visit yaitu kunjungan ke rumah untuk silaturahmi dan diskusi pengasuhan dan yang terakhir adalah komite orang tua siswa yang tergabung dalam Assalaam Parents Committee (APC). Pada aspek sosial orangtua diajak untuk berpartisipasi dalam sedekah jumat, sedekah ramadhan dan juga sedekah yatim. Pada aspek agama, ayah bunda diajak untuk mengikuti kegiatan sosial keagamaan yang ada di yayasan assalaam Bandung melalui unit-unit sosial keagamaannya, seperti semaan alquran, pengajian reboan dan juga istighosah.

Program kemitraan yang kuat antara pendidik dan orang tua sangat penting untuk mendukung perkembangan dan pembelajaran anak usia dini. Dengan bekerja bersama, kita dapat menciptakan lingkungan yang konsisten dan mendukung yang memaksimalkan potensi anak, serta memastikan mereka memiliki dasar yang kuat untuk sukses di masa depan.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *