Pelaksanaan Asesmen Madrasah Tahun Ajaran 2023/2024

Asesmen madrasah (AM) merupakan asesmen sumatif yang dilaksanakan kepada peserta didik kelas akhir jenjang pendidikan madrasah, untuk mengukur pencapaian hasil belajar peserta didik sesuai standar kompetensi lulusan yang telah ditetapkan. Asesmen madrasah (AM) meliputi seluruh mata Pelajaran yang diajarkan pada kelas akhir pada satuan Pendidikan. Baik kelompok mata Pelajaran wajib maupun muatan lokal. Asesmen madrasah (AM) memliki tiga fungsi diantaranya: untuk mengukur pecapaian hasil belajar peserta didik, sebagai umpan balik untuk perbaikan pembelajaran pada madrasah. Dan sebagai salah satu syarat penentuan kelulusan.

Pada hari senin tanggal 06 mei sampai dengan sabtu 11 mei 2024. Para siswa/i kelas akhir Pendidikan madrasah tsanawiyah PPTQ Assalam telah melaksanakan kegiatan asesmen madrasah yang dikikuti seluruh siswa/i kelas akhir yang berjumlah 42 siswa dan 37 siswi yang semuanya berjumlah 79 siswa/i. pelaksanaan asesmen ini dilaksanakan secara offline yang bertempat di ruangan kelas ujiannya masing-masing sesuai dengan tempat yang telah ditentukan. Setiap siswa mengerjakan soal pada lembar kertas jawaban yang telah diberikan oleh para pengawas ujian sebelum ujian asesmen tersebut di mulai.

Mengacu pada standar oprasional prosedur penyelenggaraan Asesmen Madrasah menyediakan soal dalam berbagai bentuk, seperti: pilihan ganda, pilihan ganda kompleks, isian singkat, serta penyataan benar atau salah. Dalam sehari, siswa harus menyelesaikan 2 mata Pelajaran dengan alokasi waktu 120 menit per mata Pelajaran. Pelajaran pertama dimulai pukul 07.30-09.30 dan Pelajaran kedua pukul 10.00-12.00. secara umum, siswa tidak mengalami kendala apapun, sehingga bisa mengerjakan semua soal dengan baik.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *