IHT Pembelajaran Matematika Part 2

Masihkah kau mengingat di saat kita masih 17?

Waktu di mana tanggal-tanggal merah terasa sungguh meriah

Masihkah kau ingat cobaan terberat kita, Matematika?” (Lirik lagu Tujuh belas-Tulus)

Bagi sebagian besar peserta didik, belajar matematika adalah salah satu hal tersulit yang harus dihadapi. Namun, jika dilihat dari sudut pandang guru, guru matematika harus menguasai pengalaman belajar sebelumnya, yang kemudian dapat diaplikasikan pada pembelajaran berikutnya kepada siswa. Para guru tersebut harus belajar tentang cara berpikir matematika dan teknik pembelajaran yang tepat, sehingga para guru dapat secara optimal membantu siswa mengembangkan kemampuan berpikir kritis dan kemampuan berpikir tingkat tinggi lainnya (Sumber : Studi Komparasi Kompetensi Guru Matematika SD di Indonesia dan Inggris, Sasmita,2024)

Guru memiliki peran penting dalam meningkatkan kualitas pembelajaran di kelas, termasuk dalam mata pelajaran yang sering dianggap menantang, seperti matematika. Untuk mendukung peningkatan kompetensi guru dalam mengajar matematika, In-House Training (IHT) menjadi salah satu solusi efektif. Melalui pelatihan internal ini, guru dapat memperoleh wawasan baru tentang metode pengajaran yang inovatif, strategi pemecahan masalah, serta pendekatan yang lebih menarik bagi peserta didik. Dengan mengikuti IHT bertema pembelajaran matematika, guru dapat meningkatkan keterampilan mengajarnya agar materi yang diajarkan lebih mudah dipahami dan diterapkan oleh peserta didik.

“Kegiatan lanjutan mengenai pembelajaran matematika ini bertujuan untuk memberikan pelatihan terkait dengan matematika dengan menggunakan deep learning. Kegiatan yang dilakukan adalah penyampaian definisi matematika, bagaimana menyampaikan cara dan metode yang menyenangkan dan penyampaian matematika yang terdiferensiasi disesuaikan dengan fase perkembangan anak“ tutur Farida Utami, S.Pd. Salah satu peserta pelatihan dari TK Assalaam Bandung.

IHT bertema pembelajaran matematika, yang telah terlaksana pada rabu, 5 Maret 2025, di Majlis Ta’lim Assalaam dengan pemateri Dr. Sandi Budi Iriawan, M.Pd. telah dipaparkan berbagai strategi dan teknik diajarkan untuk membantu guru menciptakan pembelajaran yang lebih interaktif dan menyenangkan. Dengan Mengikuti IHT bertema pembelajaran matematika memberikan banyak manfaat bagi guru, baik dalam hal penguasaan materi maupun keterampilan mengelola kelas. Guru tidak hanya mendapatkan wawasan baru, tetapi juga memiliki kesempatan untuk berdiskusi dan berbagi pengalaman dengan rekan sejawat. Dengan semakin berkembangnya kompetensi guru dalam mengajar matematika, diharapkan pembelajaran menjadi lebih efektif, menyenangkan, dan relevan dengan kehidupan sehari-hari. Pada akhirnya, peserta didik dapat lebih mudah memahami konsep matematika dan meningkatkan minat mereka terhadap mata pelajaran ini.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *